Tips Melakukan Riset Keyword Supaya Website Anda Muncul di Halaman Pertama Google
Salah satu cara memaksimalkan SEO adalah menggunakan keyword-keyword yang relevan dengan bidang bisnis kita. Penggunaan keyword yang tepat akan membuat peringkat website Anda naik di mesin pencari. Untuk dapat menentukan keyword tersebut, Anda disarankan untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu. Riset keyword ini sangatlah penting dalam menentukan performa sebuah website. Untuk itu di konten kali ini Cloudy akan membagikan tips dalam meriset keyword. Dibaca dengan seksama yaa…
1. Kenali Target Pasar yang Bisnis Anda Bidik
Menentukan target pasar adalah langkah awal yang paling krusial dalam membangun sebuah bisnis. Anda dapat merincikan target pasar Anda ke dalam buyer persona yang umumnya berisi mengenai demografi, geografi, serta psikologi target konsumen Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak kesulitan lagi dalam menentukan topik yang akan dibahas di konten Anda.
2. Gunakan Tools-tools yang Biasa Digunakan Dalam Riset Keyword
Dalam melakukan riset keyword, tentu akan sulit Anda lakukan jika dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari dan menentukan keyword yang sesuai hanya berdasarkan asumsi saja. Untuk memudahkan proses riset keyword, Anda dapat menggunakan tools-tools gratis yang tersedia di internet, seperti Google Keyword Planner dan Ubersuggest.
3. Buat Daftar Keyword yang Sesuai dengan Bidang Bisnis Anda
Ketika melakukan riset keyword, jangan merasa cukup dengan 10 atau 20 kata kunci saja. Anda harus mencari keyword sebanyak mungkin yang relevan dengan bisnis Anda. Buat daftar dari keyword yang Anda temukan untuk dijadikan database dalam membuat konten untuk diunggah di website Anda.
4. Buat Konten yang Relevan dengan Keyword yang Telah Dipilih
Daftar keyword yang telah dibuat itu dapat dikembangkan menjadi sebuah konten di website maupun di sosial media Anda. Bentuknya dapat berupa artikel, gambar, video, atau audio, atau bahkan gabungan dari beberapa media.
5. Lakukan Analisis Pada Kompetitor Anda
Dalam memenangkan posisi pertama di mesin pencari, tentu tidak akan berhasil hanya dengan melakukan riset keyword saja. Anda juga dapat melakukan analisis kompetitor bisnis Anda untuk dapat dibandingkan dengan bisnis Anda, sehingga Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bisnis Anda. Sehingga dengan begitu, Anda dapat melakukan improve lebih cepat pada bisnis Anda dan berkesempatan besar memiliki peringkat yang lebih tinggi dari kompetitor Anda.