CloudOcean

Penjelasan Mengenai Domain Dan Hosting

Bagi sebagian orang yang baru belajar internet belum mengetahui apa itu domain dan hosting, entah itu pengertian domain itu sendiri atau pun pengertian hosting beserta istilah-istilah yang ada di dalamnya. Saya yakin bagi sebagian besar Anda sudah tahu mengenai apa itu domain dan hosting, berikut langsung saja mengenai penjelasanya.

Daftar Domain dan Masing-masing Pengertiannya

Pengertian Domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti Web Server atau Email Server di jaringan komputer / Internet.

Adapun Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga berguna untuk mengingat nama server dengan mudah yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP Address. Misalnya : 11000000000010100001111000000010

Pengertian Domain

*Domain mempunyai banyak jenis nama yang bisa Anda gunakan, tentunya di sesuaikan dengan kegunaan masing-masing,berikut jenis nama domain tersebut :

.Com : biasanya di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan dan umum. domain ini sering digunakan oleh semua orang di dunia, termasuk para blogger.

.Net : biasanya di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur dan seputar komputer. Namun tidak menutup kemungkinan di pakai untuk keperluan lain seperti blog, jualan, dan sebagainya. tergantung si pengguna/user

.Org : biasanya di gunakan untuk kepentingan forum/organisasi. tapi tidak menutup kemungkinan di gunakan untuk keperluan lain

.Info : biasanya di gunakan untuk kepentingan informasi website.

.Name : biasanya digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal. jarang dipakai

.Edu : biasanya digunakan untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya untuk pendidikan.

.Mil : biasanya di gunakan untuk kepentingan website angkatan bersenjata amerika, terbatas hanya untuk Militer Pemerintahan.

.biz : biasanya di gunakan untuk kepentingan Bisnis. toko online, affiliate, dan bisnis lainnya.

.travel : biasanya di gunakan untuk Bisnis Pariwisata / travelling.

.tv : biasanya di gunakan untuk Entertainment seperti Televisi, Radio, majalah dsb.

 

*Mengenai domain negara khususnya Indonesia mempunyai ekstensi TLD (Top Level Domain), misalnya seperti :

.in : biasanya digunakan untuk domain indonesia “umum”

.sch.id : biasanya untuk Sekolah “selain universitas”

.net.id : biasanya digunakan untuk Internet Provider

.web.id : biasanya digunakan untuk umum, tapi lebih ke blogger atau website

.or.id : biasanya untuk Organisasi

.co.id : biasanya untuk Komersial/perusahaan

.go.id : biasanya untuk Pemerintahan

.ac.id : biasanya untuk Pendidikan Tinggi (universitas)

 

Pengertian dan Kegunaan Hosting

Berdasarkan info yang saya dapatkan pengertian Hosting adalah layanan internet yang menyediakan jasa penyewaan server yang didalamnya sudah terinstall services-services umum seperti http, email, FTP, addon domain, dan layanan sejenis yang masih ada kaitannya dengan website.

Mengenai kegunaan hosting itu sendiri banyak, yang salah satunya merupakan tempat penyimpanan website anda agar website anda selalu online 24 jam. Oleh karena itu, web hosting biasanya dilengkapi dengan software pendukung seperti Apache, PHP, CGI, Perl dan lainnya.

Jadi pengertian dan kegunaan hosting secara sederhana ialah media untuk menyimpan file dan data yang ada di website kita, layaknya sebuah harddisk bagi website kita, dengan begitu domain kita butuhkan untuk alamat unik website/blog, sedangkan hosting kita butuhkan untuk media penyimpanan data blog/website.

Dan mungkin penjelasan terakhir bisa dikatakan promosi hehe…

Bahwa jika Anda saat ini tertarik atau bermaksud untuk membeli Domain dan Hosting sekaligus/Sepaket, kami menyarankan Anda untuk melakukan order langsung pada penyedia jasa kami yaitu CloudOcean.id disana kami banyak menyediakan pelayanan dari Marketing tools dsb.

Dikarenakan Domain dan Hosting untuk keperluan Usaha atau Bisnis Anda juga memerlukan Website, jenis website yang sesuai seperti Website Profile usaha guna memperkenalkan maksud Usaha/Bisnis Anda kepada Public / Pengguna internet, maka dari itu kami juga menyarankan Anda untuk membuat website pada penyedia layanan pembuatan Website dengan harga yang cukup murah/bisa didiskusikan secara langsung yaitu sebuah Startup bandung Cyberlabs.asia

Mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini,mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kedepannya, dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami